Sunday, May 13, 2012

Sejarah Internet

.Secara garis besar Internet memiliki beberapa fasilitas. Fasilitas tersebut banyak digunakan oleh penguna, guna memenuhi kepentingannya. Diantara fasilitas tersebut adalah sebagai berikut :
a. Word Wide Web (WWW)
Word Wide Web (WWW) merupakan salah satu fasilitas yang berisi database yang bersifat terdistribusi. Di Internet telah tersedia beberapa web site yang secara elektronik dapat diakses. Dengan Word Wide Web (WWW) ini dapat mengambil, memformat, dan menampilkan informasi termasuk teks, audio, grafik, dan video dengan menggunakan hypertext links.

b. Electronic Mail
Fasilitas ini digunakan untuk berkirim surat/berita dengan orang lain, tanpa batas waktu, ruang bahkan birokrasi.

c. Mailing List
Fasilitas ini digunakan untuk berdiskusi secara elektronik dengan menggunakan e-mail. Mailing list ini umumnya digunakan untuk bertukar informasi, pendapat dan lain sebagainya dalam jarak jauh.

d. Newsgroup
Newsgroup digunakan untuk berkonferensi jarak jauh, sehingga kita dapat menyampaikan pendapat dan tanggapan dalam Internet.

e. Chatting
Fasilitas ini digunakan untuk berkomunikasi secara langsung dengan orang lain dalam Internet. Pada umumnya fasilitas ini sering digunaan untuk bercakap-cakap atau mengobrol di Internet.

f. File Transfer Protocol (FTP)
Fasilitas ini digunakan untuk melakukan pengambilan arsip atau file secara elektronik atau transfer file dari satu komputer ke komputer lain di Internet. Beberapa di internet telah tersedia file atau dokumen yang siap untuk diduplikat oleh orang lain secara gratis.

g. Telnet
Telnet digunakan untuk masuk ke sistem komputer tertentu dan bekerja pada sistem komputer lain.

h. Gopher
Fasilitas ini digunakan untuk menempatkan informasi yang disimpan pada Internet Servers dengan menggunakan hirarkhi menu dan dapat mengambil informasi tersebut

Sumber : http://naughtyric.blogspot.com/2011/02/fasilitas-internet.html

No comments:

Post a Comment